Cara Alami Mengatasi Panas Dalam

Cara Alami Mengatasi Panas Dalam - panas dalam merupakan kondisi dimana rasa panas yang dirasakan hampir pada seluruh tubuh, pada awalnya gejala panas dalam ini timbul dari perut kembung dan terasa panas yang terasa sampai ke dada. Panas dalam bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala awal dari suatu penyakit. Kondisi kelelahan, gangguan tenggorokan, gangguan pencernaan, hingga ketidak seimbangan pada hormon, bisa ditandai oleh rasa panas di dalam tubuh.

Penyebab utama panas dalam umumnya adalah karena pola hidup yang kurang sehat serta pola makan yang tidak dijaga. Memilih makanan tentu saja sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, sangat di anjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan dengan sembarangan atau makanan yang tidak sehat. Istirahat yang cukup juga perlu di lakukan agar tubuh tidak terlalu lelah.


Jika kondisi panas dalam tiba-tiba menyerang kita, janganlah panik karena ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meredakan gejala panas dalam tersebut. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan beberapa obat herbal atau alami tentunya tanpa obat-obatan kimia. Berikut ini beberapa cara alami mengatasi panas dalam, dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi yang dapat meredakan panas dalam serta mampu mempelancar sistem pencernaan. 

Air kelapa muda
Air kelapa muda memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat dan dipecaya mampu menurunkan gejala panas dalam. Kandungan penting yang terdapat air kelapa muda tersebut meliputi berbagai jenis gula seperti glukosa, sukrosa, dan fruktosa. Air kelapa muda juga disebut sebagai air isotonik yang sangat cocok untuk menggantikan cairan tubuh yang banyak berkurang karena dehidrasi akibat panas dalam.

Madu
Dengan mengkonsumsi madu secara teratur dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Madu juga sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu panas dalam. Dengan satu sendok madu yang dicampur air hangat dengan ditambahkan sedikit perasan lemon merupakan cara alami yang baik sebagai penggusir panas dalam. Cara ini dapat melapisi dan menenangkan iritasi pada bagian tenggorokan.

Kacang hijau
Kacang hijau selain bisa diolah menjadi bubur, juga bisa menjadi obat pereda panas dalam. Kacang hijau juga berkhasiat mengatasi tekanan darah tinggi, radang ginjal, muntaber, dan masih banyak lagi. Kacang hijau mengandung beberapa komponen gizi penting, di antaranya protein dan asam amino, mineral (fosfor, zat besi, mangan), vitamin A dan B1, dan sisanya lemak.

Cincau
Mengkonsumsi cincau dapat bermanfaat sebagai obat penurun panas dalam, serta obat untuk mengatasi gangguan pencernaan agar pencernaan kita senantiasa sehat.

Pisang Sunrise
Kandungan bermanfaat yang ada pada buah pisang ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi pisang jenis sunrise ini dapat mengatasi panas dalam serta dapat berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan.

Yogurt dan susu
Mengkonsumsi yogurt dan susu yang di dalamnya terkandung kaya akan kalsium serta kandungan lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh, dipercaya dapat mengobati panas dalam secara alami serta melancarkan pencernaan.

Masih banyak lagi makanan dan minuman yang dapat di manfaatkan untuk mengatasi panas dalam. Pola hidup dan juga pola makan adalah hal yang perlu kita jaga, agar kita senantiasa sehat. Dianjurkan untuk perbanyak minum air putih, konsumsi buah dan sayur-sayuran, serta memilih makanan dan juga minuman yang bergizi lainnya. Demikianlah beberapa tips tentang cara alami mengatasi panas dalam. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Alami Mengatasi Panas Dalam"

Post a Comment