Cara Merawat Rambut Secara Alami

Cara Merawat Rambut Secara Alami - Rambut bisa di ibaratkan sebagai sebuah mahkota bagi setiap orang, baik pria maupun wanita. Setiap orang pasti ingin memiliki rambut yang indah dan sehat. Untuk mendapatkan rambut yang indah dan sehat diperlukan perawatan rambut yang tepat agar terhindar dari berbagai permasalahan rambut, seperti rambut rontok, kering, rusak, patah-patah dan bercabang. Rambut yang indah dan sehat, akan membuat penampilan seseorang semakin menarik dan memukau, namun untuk mendapatkannya tentu saja membutuhkan proses yang rutin dilakukan.

Sebenarnya merawat rambut tidaklah sulit, jika kita telah mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan tepat sesuai dengan jenis rambut kita. Contohnya seseorang yang memiliki rambut yang panjang biasanya ujung rambut akan bercabang hal ini bisa terjadi karena rambut tidak mendapatkan cukup nutrisi dan minyak dari akar rambut. Masalah ini sering terjadi pada wanita, karena rata-rata pria berambut pendek sehingga terlihat lebih subur. Berikut beberapa tips cara merawat rambut secara alami dan tentunya tanpa menggunakan bahan kimia.



Cara Merawat Rambut Secara Alami

Minyak zaitun
Manfaat yang terkandung dalam minyak zaitun berfungsi untuk melembutkan rambut dan menjaga kesehatan rambut. Cara menggunakannya dengan mengaplikasikan minyak zaitun hangat ke seluruh permukaan rambut sebelum keramas dan diamkan selama 5 menit, bilas dengan shampo. Untuk mendapatkan hasil yang baik lakukan cara ini dua kali dalam seminggu.

Lidah buaya
Lidah buaya sudah terkenal memiliki khasiat ampuh untuk menyuburkan rambut. Caranya, tumbuk lidah buaya hingga halus dan mengeluarkan lendir, oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala, kemudian tutup rambut menggunakan handuk atau plastik, diamkan semalaman dan basuh rambut hingga bersih saat keesokan paginya. Melakukan cara tersebut secara rutin akan membuat rambut tumbuh subur dan lebat.

Cuka apel
Cuka apel bermanfaat untuk mengurangi rambut yang rusak dan menjadikan rambut menjadi lebih halus dan lembut. Cukup dengan mengoleskan campuran air hangat dan cuka apel ke rambut, kemudian bilas secara menyeluruh dengan menggunakan air sampai bau cuka apel menghilang.

Madu
Madu memiliki manfaat yang berfungsi menambah kesuburan rambut dan mampu membuat rambut lebih berkilau. Caranya dengan, mengusapkan 2 hingga 3 sendok madu secara merata pada rambut dan kulit kepala. Lakukan secara rutin, agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Santan kelapa
Sejak dahulu, santan kelapa digunakan sebagai bahan pencuci rambut bersamaan dengan merang padi yang sudah dibakar, ini merupakan cara tradisional mengingat di jaman dahulu belum banyak orang yang menggunakan shampo. Cukup oleskan santan kelapa secara merata pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

Buah alpukat
Manfaat alpukat untuk rambut adalah untuk memberikan kelembaban dan melembutkan rambut. Salah satu canya dengan menjadikan alpukat tersebut sebagai masker untuk rambut, blender terlebuh dahulu alpukat dan campurkan dua butir telur aduk hinga merata. Gunakan masker tersebut untuk melumuri rambut dengan melakukan gerakan pemijatan secara merata dan perlahan. Diamkan selama beberapa menit dan bilas rambut dengan menggunakan air dingin.

Merawat rambut agar sehat, indah dan berkilau sebenarnya tidaklah sulit. Cara di atas merupakan beberapa dari sekian banyak cara mendapatkan rambut yang indah dan memukau secara alami dan tentunya tanpa mengeluarkan biaya yang mahal. Demikianlah info tentang cara merawat rambut secara alami. Semoga bermanfaat.

1 Response to "Cara Merawat Rambut Secara Alami"