Bahaya Kebanyakan Minum Air Es

Bahaya Kebanyakan Minum Air Es - Meminum air es atau air dingin setelah makan atau olahraga memang terasa NIKMAT dan sangat menyegarkan. Namun, ini merupakan kebiasaan yang salah. jika di lakukan terus menerus akan memberi dampak negatif pada kesehatan dan metabolisme dalam tubuh. Sebenarnya air es tidak berbahaya, namun kurang baik bagi kesehatan, sebab air es dapat membekukan lemak yang berada di darah kita, sehingga membuat peredaran darah tidak lancar, yang mengakibatkan proses pembakaran lemak dan metabolisme tubuh akan terganggu, dan ini bisa menyebabkan tubuh menjadi gemuk.

Terkadang ada juga es batu atau es balok yang dibuat menggunakan air mentah. Tak jarang airnya berasal dari sungai yang disuling dan ditambahkan bahan kimia sebagai penjernih. Kemudian dimasukan ke dalam pendingin dan jadilah es batu atau es balok. Menurut para ahli makanan, bakteri yang berada di dalam air mentah tidak mati meski dalam kondisi beku. Bakteri memang dapat mati jika lama berada di lingkungan beku. Selain itu bakteri yang masuk ke dalam tubuh dapat membahayakan kesehatan kita.



Minum adalah aktivitas yang dilakukan seseorang untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang berkurang. Seringkali bila kita sudah sangat kehausan akibat berolahraga kita akan langsung menenggak air dingin. Bahkan setelah makan sangat nikmat rasanya bila langsung minum air dingin dibanding air hangat, rasa haus bisa hilang seketika. Namun di balik kenikmatan tersebut, ternyata mempunyai dampak bahaya terhadap tubuh kita. Berikut beberapa efek buruk sering minum air dingin atau air es.

Memperlambat proses pencernaan
Kebiasaan minum air dingin setelah mengkonsumsi makanan dapat membuat usus menyempit. Suhu yang dingin dapat membekukan makanan berminyak yang telah kita konsumsi, sehingga memperlambat proses pencernaan. salah satu dampaknya dapat membuat perut membuncit.

Membuat kepala menjadi pusing
Mengkonsumsi air dingin setelah berolahraga tanpa jeda bisa membuat kepala terasa pusing. Hal ini diakibatkan karena saraf pusat tidak siap menerima respon perubahan panas ke dingin tubuh dalam waktu yang singkat.

Kenapa dan bagaimana kita bisa mengalami sakit kepala karena meminum air es? Penelitian pun di lakukan dengan sejumlah orang yang diminta untuk meminum air es menggunakan sedotan hingga mengenai dinding langit-langit mulut mereka. Dalam penelitian itu di simpulkan bahwa aliran darah menuju otak dengan normal sebelum meminum air es dan perubahan pun terjadi saat mereka meminum air es, peningkatan aliran darah menuju otak melewati arteri serebral anterior ini yang memicu terjadi rasa pening sesaat atau pembekuan otak. Namun, segera setelah aliran darah tersebut normal kembali, maka rasa pening tersebut dapat hilang berangsur perlahan.

Seseorang yang suka minum air dingin sehabis makan, baik itu Es teh manis, Cola cola, jus, teh botol dll merupakan kebiasaan yang tidak sehat yang harus kita hindari. Terbukti dokter pernah mengataakan, Minum air dingin setelah makan dapat membekukan makanan berminyak yang kita konsumsi dan mempersempit Saluran Usus, sehingga akan berpengaruh pada kesehatan kita.

Penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwa minum air es yang berlebihan dapat menimbulkan efek negatif pada kesehatan tubuh, walaupun meminum air es saat sehabis makan dan berolah raga tidak baik, di sisi laain es juga memiliki manfaat yang beragam di dalamnya. Demikian info dari admin semoga bermanfaat.

0 Response to "Bahaya Kebanyakan Minum Air Es"

Post a Comment