Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan - Buah jeruk merupakan salah satu buah yang memiliki berbagai manfaat di dalamnya. Buah jeruk adalah salah satu buah yang populer di sekitar kita karena selain buah yang mudah di dapat, buah jeruk juga memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Selain memiliki rasa yang sangat enak dan memiliki bentuk yang sangat menarik, Buah jeruk bisa hidup dimana saja karena bukan salah satu tumbuhan endemik.

Selain kandungan vitamin C, jeruk juga mengandung serat, kalium, fruktosa, limonoid, beta karoten, flavonoid dan mineral lainnya yang bermanfaat untuk tubuh. Buah jeruk sendiri awalnya berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara. Dari berbagai jenis jeruk yang ada, Asia Timur merupakan asal jeruk jenis sitrun dan manis, sedangkan Asia Tenggara merupakan daerah asal jenis jeruk nipis, purut dan bali.


Kandungan buah jeruk sangat baik untuk menjaga dan melindungi tubuh kita dari beberapa penyakit yang sangat berbahaya yang dapat menyerang tubuh. Dalam buah jeruk tidak terkandung kelesterol atau lemak jenuh, justrul di dalam jeruk kaya akan serat sekitar 7,36%, asam dari jeruk pun bukan asam biasa, karena mampu menjadi pengawet alami sekaligus dapat melarutkan batu ginjal. mengkonsumsi jeruk setiap hari bisa menjaga kesehatan dan mencegah banyak penyakit. Berikut beberapa manfaat buah jeruk untuk kesehatan.

  • Mencegah penyakit kanker, Kandungan vitamin C dalam jeruk merupakan anti oksidan yang bermanfaat untuk mencegah sel sel kanker untuk berkembang. Menurut penelitian memperkirakan 40 - 50 persen buah jeruk dapat mengurangi resiko terhadap peyakit kanker mulut, kanker perut, dan kanker laring. Mengkonsumsi buah jeruk setiap hari mampu memenuhi kebutuhan vitamin C serta memerangi radikal bebas dan mencegah kanker.
  • Mencegah diabetes, Jeruk mengandung gula alami atau fruktosa yang sangat bagus bagi penderita diabetes atau orang dengan resiko diabetes. Fruktosa dalam buah jeruk cukup untuk memenuhi kebutuhan gula dalam tubuh sehingga kadar gula darah tetap stabil.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk dapat merangsang produksi sel darah putih dalam tubuh kita. Sehingga dapat mempersulit akan datangnya penyakit yang akan masuk ke tubuh, buah jeruk juga sangat baik untuk di konsumsi karena dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh manusia.
  • Membantu sistem pencernaan, Konsumsi jeruk setiap hari dapat melancarkan pencernaan dan dapat menurunkan berat badan dengan cara menyeimbangkan metabolisme di dalam tubuh. Serat yang terdapat dalam buah jeruk, bermanfaatkan untuk membantu sistem pencernaan dan dapat membantu menurunkan kolesterol.
  • Menghilangkan sariawan, Sariawan muncul karena kurangnya akan asupan vitamin C dalam tubuh, dengan mengkonsumsi buah jeruk yang kaya akan vitamin dapat memenuhi asupan vitamin C yang dapat menghilangkan sariawan.
  • Mengatasi tekanan darah tinggi, Kandungan kalium dalam buah jeruk berguna untuk mengontrol tekanan darah agar tetap normal serta bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Membantu nafsu makan, Buah jeruk memiliki khasiat untuk menambah nafsu makan secara alami, walau tidak sekuat khasiat temulawak namun jaeruk cukup efektif untuk menambah nafsu makan.
  • Menjaga kesehatan  pernapasan, kandungan karotenoid atau yang sering disebut dengan beta-cryptoxanthin dalam buah jeruk dapat menjaga kesehatan pernapasan, bahkan dengan mengkonsumsi buah jeruk dapat mengurangi risiko terkena kanker paru-paru sebesar 27%.
Demikian beberapa manfaat buah jeruk untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi jeruk setiap hari maka akan terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang tubuh kita. semoga bermanfaat.

3 Responses to "Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan"

  1. Mantap gan ;)

    Jeruk itu udah manis, enak, menyehatkan pula!!! Walaupun kadang ada jeruk yang gak manis alias asem =D. Sangat bermanfaat.

    Semangat ngeblognya gan. Salam blogger!

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga menambah wawasan gan.

      trimakasih sudah mampir, salam blogger.

      Delete
  2. wahh bner tuh aku juga suka sekali makan buah jeruk
    tubuh aku selau seger gan

    http://obatkankerususalami.com/

    ReplyDelete