Mengenal Gejala Penyakit Flu Dan Cara Mengatasinya

Mengenal Gejala Penyakit Flu Dan Cara Mengatasinya - FLU merupakan salah satu penyakit yang menular, dikarenakan oleh virus influenza. Virus tersebut merupakan mikro organisme yang menginfeksi sel-sel tubuh manusia. virus influenza dapat menular melalui udara dan air ludah. Terutama saat pergantian musim, dari musim panas ke musim penghujan biasanya tingkat penderita penyakit Flu meningkat dengan drastis, hal seperti ini dikarenakan karena daya tahan tubuh yang rendah.

Penyebaran virus penyakit flu dapat juga melaalui berbagi alat makan dan minum, virus yang menempel di kulit dapat masuk ke dalam tubuh saat menyentuh atau menggaruk hidung dan mulut atau kontak langsung dengan penderita. Dibanding pilek, flu dapat mengakibatkan komplikasi serius seperti radang paru-paru, sinusitis, dan radang dalam telinga. Maka dari itu flu sebaiknya segera diobati dalam waktu 48 jam setelah munculnya gejala adalah langkah yang terbaik.


Gejala Penyakit Flu
Penyakit flu bisa memberi pengaruh ke seluruh tubuh, seperti gejala saluran pernapasan, lemas, tidak mempunyai tenaga, nafsu makan, muntah, mual, bengkak, kencing berkurang, gatal, sesak napas, pucat/anemi. Berikut gejala-gejala awal penyakit flu.

  • Sakit tenggorokan, salah satu gejala flu adalah tenggorokan yang akan terasa sakit dengan adanya rasa gatal karena iritasi pada tahap awal flu. Jika gejala tersebut terjadi sangat disarankan untuk meminum teh hangat atau minuman hangat lainnya guna meredakan sakit tenggorokan karena influenza.
  • Rasa lemas dan mudah mengantuk, akibat cuaca yang kurang baik biasanya dapat membuat beberapa orang gampang lesu dan lelah, lemah, atau ingin tidur karena mengantuk. Hal tersebut merupakan salah satu gejala-gejala penyakit flu. Istirahat yang cukup dan membiasakan pola hidup sehat dapat menghindarkan kita dari flu.
  • Batuk berdahak atau berlendir, batuk-batuk juga menjadi tanda awal terserangnya penyakit flu. Biasanya batuk yang di alami juga disertai dengan rasa sesak di dada. di sarankan untuk mengenakan masker ketika sedang batuk atau saat terkena flu untuk mencegah penularan. 
  • Tubuh Menggigil diserti nyeri, gejala awal terserangnya virus influenza adalah kondisi tubuh yang menggigil kedinginan dan biasanya penderita akan merasakan nyeri seperti sakit kepala atau nyeri di bagian kaki. 
  • Demam, kondisi ini merupakan dimana tubuh sedang melakukan perlawanan dengan infeksi akibat virus. Umumnya, demam dapat mencapai 38 derajat Celcius, bahkan bisa lebih dari itu.
Cara Mengatasi Penyakit Flu
Flu merupakan penyakit yang menular, sehingga jika orang di sekitar kita terserang penyakit ini, akan sangat rentan bagi kita untuk tertular juga. Berikut cara mengatasinya.
  • Konsumsi minuman hangat, Karena penyakit flu menyerang saluran pernafasan dan tenggorokan, disarankan untuk minum air hangat, karena cairan hangat dapat mengurangi hidung yang mampet, melegakan tenggorokan, dan yang sedang mengalami radang. Selain itu, uap dari minuman panas juga dapat membantu mengencerkan lendir.
  • Mengkonsumsi makanan pedas, Capsaicin merupakan sebuah senyawa kimia yang terdapat dalam cabai terbukti efektif membantu membersihkan rongga hidung. Ketika penyakit flu menyerang, di anjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang pedas.
  • Istirahat total, Flu yang menyerang di saat sistem kekebalan tubuh melemah, sangat di anjurkan beristirahat total dan usahakan tubuh tetap hangat dengan mengoleskan minyak kayu putih dan memakai selimut ketika tidur.
  • Berkumur, Selain menyerang hidung, flu juga sangat mengganggu tenggorokan. Disarankan untuk berkumur dengan air hangat yang dicampur berbagai bahan rempah-rempah misalnya garam mineral, kunyit, jahe, cuka, kencur, atau apel. Dengan berkumur maka tenggorokan akan terasa lebih ringan.
Demikian beberapa tips mengenal gejala penyakit flu dan cara mengatasinya. Mengatur pola hidup sehat dan sering berolah raga dapat menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit, maka dari itu biasakan hidup sehat dari sekarang. Semoga bermanfaat baca juga Bahaya Rokok Elektrik Untuk Kesehatan.

0 Response to "Mengenal Gejala Penyakit Flu Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment