Manfaat Petai Bagi Kesehatan

Manfaat Petai Bagi Kesehatan - Untuk beberapa orang petai merupakan salah satu buah yang di hindari, karena buah petai terkenal akan baunya yang menyengat. Baunya yang khas dan tajam terkadang membuat sebagian orang enggan untuk mengonsumsi buah ini. Namun tidak sedikit juga orang yang suka akan buah ini, karena buah petai selain memiliki banyak manfaat juga enak di konsumsi, seperti dimasak dengan sambal, oseng-oseng, kuah santan, sampai dimakan mentah sebagai lalapan.

Buah petai banyak akan kandungan senyawa dan nutrisi, beberapa diantaranya adalah zat besi, kalium, fosfor, gula alami, vitamin B6,vitamin A,  dan vitamin C. Buah petai juga mengandung 3 jenis gula alami yaitu fruktosa, sukrosa, dan glukosa, namun buah petai tidak menaikan gula darah tetapi mengontrol gula darah tersebut agar tetap stabil.



Kandungan mineral kalium tinggi pada buah petai juga sangat bermanfaat untuk mengatur keseimbangan cairan tubuh. Kalium dapat berguna untuk membuat detak jantung kembali normal. Walaupun tinggi akan kalium namun petai rendah akan garam. Berikut beberapa manfaat petai lainnya.

Manfaat Petai Bagi Kesehatan

Anemia
Zat besi yang terkandung dalam buah petai sangat tinggi sehingga mampu menstimulasi produksi sel darah merah dalam tubuh. Sehingga sangat bermanfaat untuk orang yang sedang mengalami anemia.

Sindrom pramenstruasi (PMS)
Vitamin B6 yang terkandung dalam buah petai mampu menetralkan glukosa dalam darah dan dapat meningkatkan mood, maka dari itu mengkonsumsi petai saat sedang menstruasi merupakan salah satu alternatif alami dari pada harus mengkonsumsi obat yang mengandung bahan kimia.

Baik untuk otak
Hasil penelitian dari buah petai menunjukkan bahwa kalium yang banyak terdapat dalam buah petai dapat membantu otak atau daya pikir pelajar menjadi lebih peka. Penelitian ini sudah terbukti di twickenham inggris, dengan mengkonsumsi petai saat makan pagi dan siang hari.

Baik bagi pencernaan
Kandungan serat (dietary fibers) dalam buah petai sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, struktur buah petai yang lembut serta halus dapat menetralkan asam dalam lambung serta mengurangi iritasi dengan cara melapisi permukaan didalam lambung.

Menghindari stres
Saat kita mengalami stress, metabolisme dalam tubuh kita dapat dengan cepat meningkat, sehingga dapat mengurangi kandungan kalium didalam tubuh. Di dalam buah petai terkandung kalium yaitu mineral mutlak, yang berfungsi untuk menormalkan detak jantung dan mengirim oksigen keotak serta mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh.

Meningkatkan mood
Menurut penelitian seseorang yang sedang mengalami penurunan suasana hati, dapat mengembalikan mood dengan mengkonsumsi buah petai. Kandungan tryptophan sejenis protein dalam buah petai dapat meningkaatkan hormon serotonin, yang dikenal dapat membuat orang menjadi lebih rilekst atau meningkatkan mood.

Mengatasi stroke
Menurut ulasan The New England Journal of Medicine, mengkonsumsi buah petai merupakan bagian dari diet teratur yang dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit strok hingga 40%.

Awet muda
Kandungan protein yang terdapat dalam petai mempunyai kemungkinan untuk meregenerasi kulit. Bahkan buah petai telah di ekspor ke beberapa nega untuk di jadikan bahan kosmetik.

Obat mabuk alami
Buah petai yang di maniskan dengan madu dapat menjadi obat mabuk alami. Petai madu bermanfaat menenangkan perut agar dapat menambah kandungan gula darah yang jatuh dan kembali melakukan perbaikan kandungan cairan didalam tubuh.

Demikian beberapa info mengenai manfaat petai bagi kesehatan. Siapa yang menyangka buah yang memiliki bau khas dan di hindari oleh sebagian orang ini memiliki banyak sekali manfaat yang berada di dalamnya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Petai Bagi Kesehatan"

Post a Comment