Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Manfaat Madu Bagi Kesehatan - Sejak jaman dahulu madu memang dikenal berkhasiat bagi kesehatan, ini dikarenakan kandungan yang baik di dalam madu seperti flavanoid, antioksidan serta probiotik yang alami. Manfaat madu sangat banyak, selain untuk menjaga kesehatan madu juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit dan keluhan lain yang berkaitan dengan tubuh manusia, bahkan madu juga sering di gunakan untuk bahan kecantikan.

Menurut para ahli ada sekitar 600 senyawa yang terkandung di dalam madu yang membuat madu memiliki berbagai manfaat yang berkaitan dengan kesehatan itu sendiri. Jadi memang tidak mengherankan kalau madu memiliki banyak manfaat positif yang ada di dalamnya. Berikut beberapa rincian manfaat madu bagi kesehatan yang tentunya memiliki dampak positif untuk tubuh kita.

Manfaat Madu Bagi Kesehatan


Mencegah penyakit jantung dan kanker
Mengkonsumsi madu dapat membuat kita terhindar dari penyakit yang berbahaya seperti jantung dan kanker. Zat yang terdapat pada madu mengandung flavonoid, merupakan antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko terhadap kanker dan penyakit jantung.

Meningkatkan stamina
Menurut penelitian, madu berkhasiat untuk meningkatkan stamina, faktanya hampir semua minuman energi menggunakan madu sebagai bahannya walaupun dosisnya yang kecil. Madu dapat membantu tubuh mengontrol gula darah dan juga membantu penyembuhan otot serta pemulihan stamina setelah aktifitas berat.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Bahkan, antioksidan yang disebut pinocembrin hanya ditemukan dalam madu. Mengkonsumsi madu secara rutin dapat menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit.

Kesehatan kulit
Madu memiliki sifat antibakteri dan anti-jamur. Dengan mengkonsumsi madu dapat membantu menyembuhkan jerawat dan mencegah jerawat. Salah satu conntoh dengan meminum madu yang di campurkan dengan air hangat dapat berkhasiat membantu menjaga kesehatan kulit.

Mengatasi batuk dan radang tenggorokan
Kandungan anti bakteri pada madu dapat melawan mikrobakteri penyebab radang, madu telah terbukti efektif dalam mengobati radang tenggorokan dan batuk. Bahkan madu dapat membunuh bakter-bakteri yang menyebabkan infeksi pada tenggorokan.

Obat luka
Madu terbuki ampuh digunakan sebagai antiseptik pada luka luar. Madu dianggap menjadi salah satu obat pertolongan pertama yang mengobati luka terbakar maupun teriris benda tajam. Selain itu, madu adalah agen anti-inflamasi yang mencegah radang dan pembengkakan.

Menurunkan berat badan
Banyak yang meyakini bahwa madu bisa dijadikan obat alami untuk menurunkan berat badan. Berbeda dengan gula yang tinggi kalori dan lukosa, madu mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Mengkonsumsi madu juga menjadi salah tips yang layak di masukan dalam menu dalam diet sehat.

Sistem pencernaan yang baik
Madu memiliki enzim yang dapat membantu mencerna makanan. Salah satu contohnya dengan meminum madu dengan campuran air hangat setelah makan, hal tersebut bermanfaat dapat mengatasi gangguan pada sistem pencernaan yang kita alami.

Madu yang memiliki manfaat dalam bidang kesehatan  juga sering dimanfaatkan dalam bidang kecantikan. Karena kandungan antioksidan yang tinggi pada madu bisa melawan radikal bebas dan penuaan sel. Madu juga bisa di manfaatkan sebagai pelembut dan pelembab bibir. Demikianlah informasi mengenai manfaat madu bagi kesehatan. Semoga bermanfaat bagi kita semua baca juga cara alami mengatasi panas dalam.

0 Response to "Manfaat Madu Bagi Kesehatan"

Post a Comment