Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan - Kebiasaan merokok mungkin memang sudah menjadi kebiasaan yang sering di lakukan oleh beberapa orang khususnya oleh para pria. Kebiasaan merokok yang sudah seperti makanan sehari-hari terkadang untuk sebagian orang mungkin susah untuk di hilangkan, seseorang yang tidak merokok sehari sering mengeluh terasa berbeda di mulut. Padahal jelas-jelas rokok tidak baik untuk kesehatan.

Rokok merupakan salah satu penyebab kematian dengan angka tertinggi di dunia. Para ahli di indonesia yang meneliti mengatakan bahwa setiap jam sekitar 46 orang meninggal dunia dikarenakan penyakit yang berhubungan dengan merokok. Seseorang yang rutin merokok setidaknya dapat menimbulkan sekitar 30 jenis penyakit yang dapat mengancam tubuh. Semakin muda seseorang tersebut merokok, maka semakin besar pula risiko penyakit yang di dapat saat tua nanti.


Sekitar 4000 komponen kimia yang di temukan dalam sebuah rokok 250 di antaranya berbahaya bagi kesehatan manusia, menurut Centers for Disease Control and Prevention US. Jadi perlu di pertimbangkan kembali, kesehatan atau satu batang rokok dengan segala resiko dan penyakit di dalamnya. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa contoh bahaya merokok.

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Penyakit jantung
Seorang perokok memiliki resiko bersar terhadap penyakit jantung, hal ini di karenakan jantung akan bekerja lebih cepat dan akan meningkatkan tekanan darah karena asap rokok mengandung nekotin. Kandungan moniksida yang terdapat pada rokok juga dapat mengakibatkan jantung memompa darah lebih banyak lagi sehingga dapat mengakibatkan penyakit jantung.

Impotensi
Merokok dapat mengakibatkan disfungsi ereksi sekitar 50%. Nikotin yang terkandung dalam rokok dapat mengakibatkan menyempitnya arteri sehingga aliran darah akan terggangu. Merokok juga dapat merusak pembulu darah, dan perlu di ketahui merokok juga bisa merusak organ lain yang ada di dalam tubuh.

Kanker paru-paru
Zat yang terdapat dalam asap rokok dapat merangsang sel dalam paru-paru untuk tumbuh secara tidak normal. Penyakit kanker paru-paru tergolong sebagai penyakit yang mematikan, sekitar 90% penyakit kanker paru-paru di sebabkan oleh seorang perokok.

Kanker payudara
Seorang wanita yang memiliki kebiasaan merokok juga memiliki resiko terhadap berbagai macam penyakit yang mengancam, seperti halnya seorang wanita yang memiliki kebiasaan merokok akan terancam penyakit yang mematikan seperti kanker payudara.

Kanker Ginjal
Asap rokok dengan kandung nekotin dan bahan kimia lainya yang masuk kedalam tubuh dapat menyebabkan perubahan denyut jantung, pernapasan sirkulasi dan tekanan darah. Karsinogen yang akan disaring keluar dari tubuh melalui ginjal dapat mengubah sel DNA dan merusak sel-sel ginjal sehingga dapat memicu kanker.

Kanker kandung kemih
Sebuah studi mengatakan sekitar 40% perokok terancam penyakit kanker kandung kemih. Senyawa yang di sebut 2-naphthylamine dalam rokok menjadi karsinogen yang mengarah pada kanker kandung kemih.

Aterosklerosis
Nekotin yang terdapat pada rokok dapat mempercepat penyumbatan arteri yang di sebabkan oleh menumpuknya lemak, dan akhirnya akan mengakibatkan aterosklerosis.

Gangguan medis lainnya
Gangguan medis lainnya juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok seperti, gangguan kesuburan, tekanan darah tinggi (hipertensi), radang saluran napas dan asma. Merokok juga memiliki resiko lebih tinggi mengalami katarak, degenerasi makula (gangguan terhadap penglihatan), dan akan menjadikan orang tersebut lebih sering sakit-sakitan.

Masih banyak lagi bahaya yang di sebabkan oleh perokok yang dapat mengancam kesehatan, ada baiknya untuk meninggalkan kebiasaan merokok karena selain terancam berbagai jenis penyakit juga buruk untuk kesehatan. Berikut beberapa info tentang bahaya merokok bagi kesehatan. Semoga bermanfaat

0 Response to "Bahaya Merokok Bagi Kesehatan"

Post a Comment