Faktor Penyebab Penyakit Diabetes Melitus

Faktor Penyebab Penyakit Diabetes Melitus - Bicara soal diabetes pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita dan kali ini saya akan membahas faktor penyebab penyakit diabetes melitus. Diabetes melitus atau lebih di kenal dengan penyakit kencing manis adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi yang disebabkan oleh gangguan pada sekresi insulin atau gangguan kerja insulin atau keduanya.

Diabetes melitus tidak dapat memproduksi atau tidak dapat merespon hormon insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas, sehingga kadar gula darah meningkat dan dapat menyebabkan komplikasi jangka pendek maupun jangka panjang. Kurangnya insulin sering terjadi karena adanya virus atau karena faktor gizi terutama pada usia anak-anak.


Diabetes militus tipe I biasanya menimbulkan gejala sebelum usia 30 tahun, ini terjadi karena ketidakmampuan organ pankreas didalam memproduksi hormon insulin. Ketidakmampuan produksi insulin ini umumnya terjadi karena adanya kerusakan pada organ pankreas. Diabetes tipe II biasanya dialami saat pasien berusia 30 keatas, dan mereka yang terkena diabetes tipe II biasanya tidak tergantung dengan insulin dari luar tubuh, kecuali pada keadaan-keadaan tertentu. Para pakar kesehatan telah bayak menerangkan bahwa penyebab diabetes tipe II ini karena kombinasi faktor genetik dan faktor lingkungan. Beberapa faktor pemicu penyakit tersebut, antara lain.

Faktor Penyebab Penyakit Diabetes Melitus
  • Faktor genetis, penyakit diabetes militus dapat diwariskan dari orang tua kepada anak. Maka dari itu jika kita mempunyai orangtua yang menderita penyakit diabetes sebaiknya mulai menjaga kesehatan. Gen penyebab diabetes melitus biasanya akan dibawa oleh anak jika orang tuanya menderita diabetes mellitus, pewarisan gen ini dapat sampai ke cucunya bahkan cicit walaupun resikonya sangat kecil.
  • Obesitas atau kegemukan, berat badan lebih dari 90 kg cenderung memiliki peluang lebih besar untuk terkena penyakit diabetes militus. Kegemukan bisa menyebabkan tubuh seseorang mengalami resistensi terhadap hormon insulin. Sel-sel tubuh bersaing ketat dengan jaringan lemak untuk menyerap insulin. Akibatnya organ pankreas akan dipacu untuk memproduksi insulin sebanyak-banyaknya sehingga menjadikan organ ini menjadi kelelahan dan akhirnya rusak. 
  • Pola hidup, pola hidup yang kurang baik juga dapat mempengaruhi faktor penyebab penyakit diabetes militus. seseorang yang malas atau tidak pernah olah raga mempunyai kemungkinan lebih besar terkena penyakit diabetes militus. Karena olah raga berfungsi untuk membakar kalori yang berlebih. Kalori yang tertimbun di dalam tubuh merupakan faktor utama penyebab diabetes mellitus selain disfungsi pankreas. Lakukan olahraga secara teratur minimal 30 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu.
  • Pola makan, makan secara berlebih dan melebihi jumlah kadar kalori yang di butuhkan oleh tubuh dapat memicu timbulnya penyakit diabetes militus. Makanan berkolesterol tinggi diyakini memberi kontribusi yang cukup tinggi untuk seseorang mudah terserang penyakit diabetes melitus.
  • Obat-obatan kimia, Konsumsi obat-obatan dalam jangka waktu yang lama diyakini akan memberikan efek negatif dan tentunya obat-obatan tersebut mengandung bahan kimia. obat-obatan kimia juga dapat mengiritasi pankreas sehingga menyebabkan radang pada pankreas.
Itulah sedikit penjelasan tentang faktor penyebab penyakit diabetes melitus yang sering dikenal penyakit kencing manis. Sebenarnya masih banyak sekali faktor-faktor pemicu diabetes mellitus. Dengan mengetahui berbagai penyebab dari penyakit yang bisa dibilang cukup mematikan, maka dari itu mulailah melalukan antisipasi sedari dini untuk kita bisa terbebas dari penyakit diabetes. Dengan menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat merupakan pencegahan awal penyakit diabetes mellitus. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Faktor Penyebab Penyakit Diabetes Melitus"

Post a Comment