Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan - Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini, pasti semua sudah tahu buah yang tidak jarang di sekeliling kita ini. Namun banyak yang tidak mengetahui bahwa manfaat buah rambutan ternyata sangat banyak untuk kesehatan. Buah rambutan yang juga memiliki nama ilmiah Nephelium Laapaceum, merupakan salah satu dari berbagai buah-buahan yang mempunyai peran besar untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Buah rambutan ini mudah dikenali dari bentuk buahnya yang kecil dengan warna merah serta rasanya yang manis, ada banyak jenis rambutan yang berada di indonesia seperti rafiah, lebak bulus, simacan, sinyonya, binjai, dan lain sebagainya. Beragam kandungan yang terdapat dalam buah rambutan diantaranya adalah vitamin A, Vitamin C, magnesium, kalsium, potassium, zat besi, protein, fosfor, seng, natrium, niacin, serat dan kerbohidrat. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam buah rambutan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Pada pembahasan kali ini info kesehatan akan mengulas apa saja sih manfaat buah rambutan ini. Berikut manfaat buah rambutan untuk kesehatan.



Manfaat Dan Kandungan Buah Rambutan
  • Membantu proses penyerapan zat besi, buah rambutan mengandung vitamin C yang berfungsi memelihara sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan vitamin C dapat membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh.
  • Mengatasi masalah anemia, kekurangan zat besi merupakan penyebab umum anemia, zat besi yang terdapat pada rambutan cukup tingi sehinga dapat mengatasi masalah anemia. Zat besi juga dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam tubuh.
  • Mendukung program diet, buah yang direkomendasikan saat menjalankan program diet. walaupun di dalam buah rambutan mengandung fruktosa dan sukrosa, tapi kandungan kalorinya di dalam rambutan sangat sedikit. Jadi buah rambutan sangat bagus bagi yang sedang menjalankan program diet.
  • Mencegah sariawan, buah rambutan yang merupakan salah satu buah yang mengandung kaya akan vitamin C. Dengan mengkonsumsi vitamin C, kita akan terhindar dari sariawan.
  • Mengobati kencing manis, selain buahnya yang enak rasanya, biji buah rambutan juga banyak manfaatnya seperti mengobati kencing manis. Caranya cukup mudah yaitu dengan menyiapkan beberapa biji rambutan lalu goreng tanpa minyak lalu tumbuk hingga halus dan dapat di seduh dengan air panas untuk di minum.
  • Mengobati disentri, ternyata selain buah dan biji, kulit buah rambutan juga berguna untuk mengobati penyakit disentri. Caranya ambil kulit rambutan secukupnya bersihkan, potong, dan rebuslah kulit buah rambutan kemudian saring dan minumlah. 
  • Menurunkan demam, kulit rambutan yang sudah di keringkan dapat menjadi sebuah alternatif untuk mengatasi demam. Caranya seperti mengatasi penyakit di sentri di atas dengan merebus kulit rambutan dan meminum airnya. air tersebut dapat di minum tiga kali sehari agar demam cepat turun. 
  • Mencegah kanker, Mengkonsumsi buah rambutan dapat mencegah penyakit kanker tidak datang menyerang tubuh. Karena di dalam buah rambutan terkandung antioksidan tinggi yang dinamakan flavonoid. Kandungan flavonoid diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol, mencegah peradangan dan mencegah pertumbuhan sel kanker.
  • Kesehatan ginjal, Kandungan fosforyang yang terdapat dalam buah rambutan berperan penting untuk menghilangkan berbagai limbah yang terkonsentarasi didalam organ ginjal. 
  • Menyembuhkan penyakit hipertensi, Manfaat buah rambutan mampu meredakan penyakit hipertensi. Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa makan 9 atau 10 butir rambutan efektif menurunkan tekanan darah.
Buah rambutan yang berukuran kecil dan seperti tidak memiliki bobot, namun terdapat segudang manfaat yang ada di dalamnya. Demikianlah manfaat-manfaat dan kandungan yang terdapat pada buah rambutan. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. 

0 Response to "Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan"

Post a Comment