10 Makanan Yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

10 Makanan Yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol - Kolesterol adalah salah satu lemak tubuh atau bisa di sebut juga lipid. Sebagai lemak tubuh tentunya koresterol memiliki berbagai fungsi dalam tubuh, yang sangat penting untuk aktivitas membran sel, membuat hormon, asam empedu, dan vitamin. koresterol juga membantu transmisi impuls darah. Namun, apabila kadar kolesterol jahat dalam tubuh mengalami kenaikan atau tinggi, maka hal ini bisa menjadi masalah serius untuk kesehatan tubuh.



Kenaikan kolesterol jahat pada tubuh dapat menimbulkan beberapa gangguan kesehatan seperti ereksi, gagal ginjal, serangan jantung, stroke, serta meningkatkan terkena penyakit alzheimer. Kolesterol darah normal adalah kurang dari 5 mmol/l, dan jika antara 5 dan 6,5 mmol/l, masih dapat di kurangi dengan diet. Jika lebih tinggi dari 6,5 mmol/l maka di anjurkan harus meminum obat. Berikut ini 10 makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

10 Makanan Yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol
  1. Teh hijau, Berdasarkan penelitian di jepang bahwa theanine pada teh hijau padat mencegah koresterol jahat dan meningkatkan koresterol baik, minumlah minimal empat cangkir teh hijau bebas gula dalam sehari.
  2. Anggur merah, sebuah penelitian yang di lakukan bahwa mengkonsumsi buah anggur merah dapat menurunkan kadar LDL sebesar 9% - 12%.
  3. Kacang_kacangan, kacang tanah, almond, kenari, dan edamame. Kandungan lemak omega 3 dan antioksidan dalam kacang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Menurut lembaga pengawasan obat dan makanan AS (FDA), memakan sekitar segenggam (42,5 gram) kacang almond, hazelnut, kacang tanah, pecan, kacang pinus, kacang pistachio dan walnut, dapat mengurangi risiko penyakit jantung.
  4. Tomat, selain enak untuk di makan, tomat memiliki banyak manfaat dan vitamin di dalamnya seperti vitamin A dan Vitamin C. meminum dua gelas jus tomat sehari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  5. Anggur merah, sebuah penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi anggur merah dapat menurunkan kadar LDL sebesar 9 - 12 persen pada seseorang  yang mengkonsumsi buah anggur merah
  6. Alpulat, lemak tak jenuh pada alpukat dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.
  7. Buah delima, salah satu buah yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh khususnya berfungsi mengurangi penumpukan plak kolesterol serta mampu meningkatkan produksi oksida nitrat yang dapat membantu dalam mengurangi plak pada arteri.
  8. Bawang putih, dipercaya memiliki efek positif pada kolesterol, Selain itu bawang putih juga baik untuk jantung. Di sarankan agar mendapatkan manfaat kesehatan bawang putih, kita harus mengonsumsi 600 – 900 mg (sekitar 1 siung segar) per hari.
  9. Minyak zaitun, kandungan anti oksidan zaitun hydroxytyrosol dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi, peneliti di Universidad Autonoma de Madrid (Spanyol) menemukan bahwa diet yang diperkaya minyak zaitun membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL), namun tidak mengurangi tingkat kolesterol baik dalam tubuh (HDL).
  10. Ikan, sebuah studi mengatakan bahwa seseorang yang sedang menderita penyakit diabetes di anjurkan mengkonsumsi ikan selama sembilan minggu dapat menurunkan konsentrasi kolesterol dalam tubuh mereka.
  11. Yogurt dengan probiotik, karena yogurt bebas lemak kaya akan protein, kalsium, dan mikroorganisme lactobacillus yang dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi. 
Demikianlah 10 makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol yang dapat anda terapkan dalam menu makan sehari-hari. Harus di perhatikan juga gaya hidup sehat seperti olahraga secara teratur dan menjauhi rokok serta alkohol dapat membuat kita sehat selalu. Semoga bermanfaat.

0 Response to "10 Makanan Yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol"

Post a Comment