Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh - Apel merupakan satu dari banyak jenis buah yang memiliki rasa manis dengan kandungan banyak air di dalamnya sehingga memberi kesegaran siapapun yang memakanya. Apel sudah terkenal sabagai buah yang sangat membantu menjaga kesehatan tubuh, untuk mecegah penyakit, dan sebagai menu diet. Buah apel juga mengandung vitamin C dan kaya akan zat antioksidan. Menurut penelitian buah apel bisa mengurangi resiko terkena kanker paru-paru, kanker usus besar, dan kanker prostat serta serat yang terkandung di dalam buah apel bisa membendung penyakit jantung, mengontrol berat badan, dan menurunkan kolesterol.


Buah apel yang kaya akan berbagai manfaat di dalamnya, selain mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai anti-oksidan, buah apel juga mempunyai Kandungan beta-karoten (Vitamin A) di dalamnya yang mampu melawan sel sel kanker dan menurunkan kolesterol. Didalam buah apel juga memiliki kandungan vitamin B komplek seperti tiamin, piridoksin, dan riboflavin untuk memperkaya khasiat dari buah apel. Tidak perlu diragukan, manfaat buah apel untuk kesehatan tentunya sangat banyak dan melebihi yang bisa kita perkirakan. Apel memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia, berikut manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh
  • Mencegah kanker, kandungan yang terdapat pada buah apel yang bernama flavonoid, dapat bermanfaat untuk menangkal berbagai jenis serangan kanker yang dapat menyerang tubuh. Mengkonsumsi buah apel yang di dalamnya terkandung flavonoid dapat membantu menurunkan risiko terhadap penyakit kanker, terutama kanker pankreas yang mencapai 23 persen.
  • Menyehatkan jantung, buah memiliki banyak manfaat yang salah satunya ialah baik untuk jantung, karena kandungan senyawa fenolik yang terdapat pada kulit apel bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.
  • Mencegah penyakit Al-zheimer, buah apel memiliki kandungan quercetin di dalamnya yang bermanfaat melindungi otak dari radikal bebas yang berbahaya dan dapat memicu penyaki Al-zheimer.
  • Mencegah asma, sudah banyak penelitian yang di lakukan bahwa seseorang yang sering mengkonsumsi apel memiliki kemungkinan kecil untuk terkena gangguan pernapasan, di bandingkan dengan orang yang jarang mengkonsumsi buah apel.
  • Pencegah penyakit diabetes, Kandungan serat larut dalam buah apel mampu menangkal datangnya penyakit diabetes. Serat larut dan pektin yang memiliki peranan sebagai pengendali kadar gula darah dalam tubuh dengan mengangkut gula ke dalam aliran darah pada siklus yang lebih lambat.
  • Mencegah diare dan sembelit, Kandungan serat yang terdapat dalam buah apel mampu membantu melancarkan sistem pencernaan. Sehingga dapat mengatasi gangguan sistem pencernaan seperti diare maupun sembelit. 
  • Menyehatkan mata, khasiat buah apel dipercaya bisa menyehatkan mata. Dengan rutin mengkonsumsi buah apel teratur setiap hari dapat berperan besar untuk mencegah datangnya berbagai gangguan seperti kesehatan mata.
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh, buah apel dapat menjaga sistem imun tubuh, karena kandungan antioksidan yang disebut quercetin pada buah apel dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama ketika pikiran sedang stres.
  • Baik untuk program diet, sangat di anjurkan untuk memasukan apel dalam menu makanan diet karena, buah apel memiliki kandungan serat yang bagus untuk orang yang sedang menjalankan diet atau menurunkan berat badan.
  • Menurunkan kolesterol, buah apel sangat kaya akan serat larut yang fungsi dapat penurunan penyerapan LDL kadar kolesterol jahat dan meningkatkan produksi atau penyerapan kadar HDL atau kolesterol baik yang sangat diperlukan tubuh.
Demikianlah beberapa manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh. Manfaat apel untuk kesehatan tubuh merupakan salah satu buah yang paling terkenal khasiatnya diantara buah-buahan lainnya. Buah apel yang berukuran kecil dan manis rasanya ternyata masih terdapat segudang manfaat lain yang tidak kita duga. Semoga dapat menginspirasi para pembaca dan semoga bermanfaat.

3 Responses to "Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh"

  1. wah bermanfaat nih gan,saya kita apel hanya untuk kesehatan mata doank,ternyata banyak manfaatnya...
    Nice...

    mampir Sob..
    http://syaikal.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. betul banget gan apel sangat bagus sekali buat kesehatan tubuh kita
    http://obatkyphosisalami.blogspot.com/

    ReplyDelete