Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan - Buah alpukat merupakan salah satu buah yang bisa dikatakan sebagai buah yang luar biasa, karena rasanya yang lezat buah alpukat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain enak buah alpukat juga kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Buah alpukat yang sudah masak biasanya di konsumsi dengan cara dijadikan jus, atau dimakan begitu saja bersama gula dan madu.

Beberapa orang ada yang berpendapat jika mengkonsumsi alpukat itu buruk karena di dalam buah  alpukat banyak mengandung lemak, namun kenyataan sebenarnya tidak demikian. Beberapa pakar ahli di Loma Linda University melakukan penelitian buah alpukat sangat segar di konsumsi pada siang hari dan memiliki efek pada respon insulin, kadar gula darah, dan dapat menimbulkan perasaan kenyang lebih lama.


Selain pada daging buah manfaat buah alpukat juga terdapat pada daun dan bijinya. Siapa sangka daun alpukat rasanya pahit, tapi sangat berguna sebagai peluruh kencing dan bijinya pun bersifat anti radang untuk menghilangkan rasa sakit. Senyawa yang terkandung dalam buah alpukat adalah vitamin B kompleks, saponin, betakaroten, klorofil, alkaloid, dan tannin. Sementara daun alpukat mengandung quersetin dan polifenol. Berikut beberapa manfaat buah alpukat yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan
  • Menjaga kesehatan jantung, buah alpukat bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung. Kandungan B6 dan asam folat dalam buah alpukat dapat mengatur kadar homocysteine yang dapat menyebabkan resiko serangan jantung.
  • Menurunkan kolesterol, sudah terbukti dengan mengkonsumsi buah alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu menaikan kadar kolesterol baik. Selain itu di dalam buah alpukat yang terkandung senyawa beta-sitosterol yang sangat efektif untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah.
  • Mengurangi bengkak atau peradangan, buah alpukat yang memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal, vitamin C, vitamin E, serta pitosterol yang berguna unruk membantu mengurangi berbagai jenis peradangan pada tubuh.
  • Mencegah diabetes, buah alpukat dapat meningkatkan fungsi kerja hormon insulin dan dapat menetralkan kadar glukosa dalam darah. Selain itu buah alpukat kaya akan serat larut yang menjaga kadar gula darah tetap stabil.
  • Sumber vitamin E, buah alpukan merupakan buah yang mengandung vitamin E tertinggi. Vitamin E memiliki manfaat positif untuk mengatasi penyakit jantung, stroke, pencegahan kanker, dan banyak diklaim memiliki sifat antipenuaan.
  • Mencegah stroke, sudah terbukti bahwa orang yang mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin E dan folat seperti yang terdapat dalam buah alpukat dapat mengurangi resiko terkena stroke.
  • Mencegah kanker prostat, buah alpukat juga memiliki manfaat untuk membantu mencegah penyakit kanker, seperti yang di ketahui penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Senyawa yang terkandung dalam buah alpukat dapat menekan pertumbuhan kanker prostat.
  • Menjaga kesehatan mata, setelah di teliti buah alpukan memiliki kandungan vitamin A sebanyak 180,00 SI dapat menjaga kesehatan pada mata. Selain itu buah alpukat merupakan sumber dari carotenoid insulin yang dapat melindungi mata dari macular degeneration dan katarak.
  • Untuk perawatan kulit, buah alpukat selain enak di makan juga dapat berfungsi sebagai masker untuk merawat kulit, terutama kulit wajah. Serat dalam buah alpukat mampu menjaga kulit dari iritasi dan membuat kulit menjadi lebih bersinar.
Demikianlah berbagai manfaat buah alpukat untuk kesehatan, alangkah baiknya jika kita sering mengkonsumsi buah-buahan yang terdapat berbagai manfaat untuk menjaga tubuh kita agar sehat dan tidak terkena berbagai penyakit serius. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan"

Post a Comment