Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami - Asam urat merupakan penyakit yang dapat menyerang pada setiap orang, umumnya penyakit asam urat terjadi pada seseorang yang berusia sekitar 40 tahun ke atas bagi pria maupun wanita, biasanya terjadi setelah masa menopause. Asam urat adalah penyakit yang menyerang persendian tubuh, biasanya sendi jari tangan, jari kaki, tumit, siku, pergelangan tangan, dan dengkul. Asam urat yang memberikan rasa sakit atau rasa nyeri di bagian persendian yang dapat membuat bagian yang diserang asam urat akan tampak meradang dan bengkak

Asam urat merupakan penyakit yang timbul dari sisa metabolisme zat purin. Zat purin itu sendiri berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi, baik berasal dari makanan makhluk hidup (daging) maupun tumbuh-tumbuhan (sayuran). Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin, maka zat purin inilah yang nantinya akan berpindah ke dalam tubuh.


Penyebab Asam Urat

Mengkonsumsi zat purin secara berlebihan disinyalir menjadi salah satu penyebab yang dapat merangsang atas munculnya penyakit asam urat. Purin yang berlebihan dan diolah tubuh menjadi asam urat, akibatnya purin akan menggangu kinerja pada ginjal dan akan sulit mengeluarkan zat tersebut jika ternyata purin terlalu berlebihan. Akibatnya kristal-kristal asam urat akan menumpuk di bagian persendian sehingga sendi akan terasa sangat nyeri, meradang dan bengkak.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami
  • Kurangi konsumsi makanan yang tinggi zat purin, makanan yang tinggi akan purin seperti jeroan, seafood, daging seperti abon atau dendeng serta makanan kaleng. Hindari atau kurangi makanan tersebut untuk mencegah purin yang berlebihan dalam tubuh.
  • Konsumsi buah cerry, buah cerry memiliki manfaat dapat mengeluarkan racun dari tubuh dan dapat membersihkan ginjal. Selain itu, kandungan yang berada dalam buah cerry sangat kaya akan kalium dan nutrisi, sehingga dengan mengkonsumsi buah cerry akan dapat mengatasi rasa nyeri yang timbul dari asam urat tersebut.
  • Konsumsi cuka madu, dengan mengkonsumsi cuka madu yang memiliki manfaat untuk menetralkan zat asam yang terdapat dalam tubuh dan juga dapat memberikan suasana basa di dalam tubuh. cuka madu yang memiliki banyak manfaat juga memiliki fungsi untuk menghancurkan kristal asam urat dan dapat mempermudah kerja ginjal dalam mengeluarkan penyakit asam urat.
  • Perbanyak konsumsi air putih, dengan meminum air putih setidaknya minimal 8 sampai10 gelas per hari dapat mengencerkan urin yang sehingga dapat menghambat proses terjadinya atau terbentuknya asam urat yang berlebih. Selain itu, air putih juga dapat memperbaiki fungsi ginjal.
  • Perbanyak makanan basa, makanan basa yang dimaksud adalah seperti sayur-sayuran, biji-bijian, buah-buahan yang tentunya akan membantu dalam mencegah terbentuknya purin yang berlebihan. Sehingga seriko kemungkinan terserang penyakit asam uratpun sangat kecil.
  • Mengkonsumsi jahe, jahe merupakan golongan rempah-rempah yang memiliki sifat anti-inflamasi yang terkandung di dalamnya. mengkonsumsi jahe sangat bermanfaat untuk membantu dalam mengurangi rasa sakit karena peradangan akibat penyakit asam urat.
  • Perbanyak konsumsi vitamin C, dengan memperbanyak konsumsi vitamin C seperti jeruk, pepaya dan strawberry merupakan salah satu cara untuk mencegah atau menghambat proses terjadinya asam urat. Vitamin C juga berfungsi membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.
Itulah beberapa tips cara mengobati asam urat secara alami dan tentunya tanpa obat yang mengandung bahan kimia. Semoga artikel di atas dapat memberikan informasi kesehatan yang bermanfaat khususnya bagi yang sedang membutuhkn informasi yang terkait mengenai pengobatan asam urat. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami"

Post a Comment