Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami

Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami - Komedo merupakan noda hitam yang diakibatkan oleh penyumbatan pada pori-pori oleh minyak, partikel debu dan kotoran yang tidak terhapus bersih. Biasanya komedo sering muncul di wajah atau bagian hidung, penyebab munculnya komedo sendiri di karenakan terjadinya penumpukan minyak yang berlebih serta banyaknya sel-sel kulit mati pada wajah maupun hidung. Meskipun komedo berukuran kecil, komedo di wajah maupun di bagian hidung cukup mengganggu penampilan kita.

Komedo menurut istilah terbagi menjadi dua jenis yaitu komedo blackhead dan komedo whitehead. Komedo blackhead disebut juga sebagai komedo yang terbuka, komedo ini akan terlihat seperti pori-pori yang membesar dan berwarna kehitaman. Sementara komedo whitehead, disebut komedo yang tertutup, komedo jenis ini biasa tumbuh diatas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil-kecil dibawah permukaan kulit.


Cara menghilangkan komedo memang gampang-gampang susah. Sebenarnya ada banyak sekali cara menghilangkan komedo dengan bahan-bahan alami. Cara ini selain lebih murah, juga dapat meningkatkan kualitas kulit tapi memerlukan kesabaran untuk melakukannya hingga memperoleh hasil yang diharapkan. Berikut ini beberapa tips menghilangkan komedo secara alami.

Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami

Putih telur
Bagian putih pada telur mengandung protein tinggi yang dapat menghaluskan kulit pada wajah dan membuatnya menjadi cerah. Mengoleskan putih telur juga menjadi salah satu tips menghilangkan bekas jerawat membandel. Untuk menghilangkan komedo dari wajah juga bisa dengan menggunakan putih telur. Cukup lulurkan putih telur pada bagian wajah dan hidung yang terdapat komedo, lalu diamkan hingga kering sebelum dibasuh menggunakan air hangat.

Es batu
Es batu ternyata tidak hanya di gunakan untuk bahan membuat es saja namun bisa juga berfungsi untuk menghilangkan komedo pada wajah. Menghilangkan komedo menggunakan metode es batu ini cukup mudah untuk dilakukan, cukup dengan mengusapkan es batu diarea wajah yang berkomedo kira-kira sekitar 10 menit. Manfaat es batu ini akan membuat pori-pori kulit menjadi mengecil hingga komedo tidak mudah menembusnya.

Buah jeruk
Jeruk lemon yang mengandung vitamin C, flavonoid, dan asam sitrat berkhasiat menghilangkan jerawat, noda hitam, mengurangi minyak, serta melepas sel kulit mati dari permukaan kulit. Cukup dengan lulurkan perasan air jeruk pada kulit wajah yang terdapat komedo secara teratur. Disarankan untuk melakukan perawatan dengan metode buah jeruk ini pada malam hari sebelum tidur.

Uap air panas
Uap panas menjadi salah satu metode yang cukup ampuh untuk mengatasi komedo pada wajah. Caranya dengan menyiapkan satu mangkok air panas lalu campurkan dengan satu sendok garam. Kemudian uapi wajah menggunakan air tersebut kurang lebih selama 10 menit. Selain untuk menghilangkan komedo menguapi wajah dengan uap panas dapat membantu memperlancar peredaran darah.

Lidah buaya
Bahan lidah buaya memang terkenal sebagai bahan untuk perawatan rambut. Tapi getah lidah buaya juga berkhasiat tinggi untuk meningkatkan kualitas kecantikan kulit. Caranya patahkan batang lidah buaya kemudian oleskan lendirnya ke area berkomedo. Fungsi dari Lidah buaya bisa menghaluskan kulit juga mempercepat proses penyembuhan kulit termasuk kulit wajah yang komedoan. Hasilnya, kulit akan menjadi lebih segar dan halus.

Madu
Madu memiliki banyak sekali manfaat terutama dalam bidang pengobatan, terbukti secara ilmiah menyembukan berbagi macam penyakit termasuk seperti halnya komedo. Caranya dengan menghangatkan sedikit madu lalu oleskan pada wajah yang berkomedo. Kemudian cuci wajah setelah 10 menit. Madu dalam al ini bertindak sebagai pelembab alami sekaligus mengangkat komedo pada wajah.

Air putih
Ahli kesehatan menganjurkan kita untuk rutin mengkonsumsi air putih secara teratur sekitar 8-12 gelas sehari untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain menjaga kesehatan, air putih juga dikenal sebagai terapi untuk kecantikan. Manfaat air putih memang luar biasa selain sangat bagus untuk sistim metabolisme organ tubuh seperti ginjal, maka dengan banyak meminum air putih akan sangat membantu membersihkan sistem pencernaan serta menyehatkan kulit kita.

Demikianlah beberapa informasi mengenai tips menghilangkan komedo dan tentunya secara alami tanpa mengunakan bahan kimia yang berbahaya. untuk menjaga agar komedo tidak kembali lagi rajinlah melakukan perawatan agar kulit wajah tetap sehat. semoga bermanfaat untuk kita semua dan selamat mencoba. Baca juga cara menghilangkan jerawat secara alami.

1 Response to "Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami"

  1. sangat membantu sekali artikel tentang Cara Menghilangkan Komedo, terimakasih atas informasinya
    .

    ReplyDelete