Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan - Buah sirsak yang memiliki nama latin Annona muricata L ini sebenarnya berasal dari keluarga Annonaceae. Buah sirsak yang banyak di temui di lingkungaan kita ini sebenarnya berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah sirsak menjadi salah satu buah yang populer karena kandungan nutrisi dan manfaatnya bagi kesehatan. Buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah.

Tidak mengherankan jika sirsak sangat populer dikarenakan memiliki buah dengan rasa asam manis dan menyegarkan. Selain dikonsumsi seperti buah-buahan lainnya, buah sirsak juga seringkali digunakan sebagai obat tradisional, begitu juga dengan daun, biji dan akarnya. Kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat gula pereduksi glukosa dan fruktosa dan vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah.


Buah sirsak yang mengandung asam askorbat yang yang berfungsi sebagai penambah jumlah antioksidan yang ada didalam tubuh, dan untuk melawan radikal bebas serta sembelit juga bisa diatasi dengan buah ini. Berikut manfaat buah sirsak lainnya untuk kesehatan.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Mencegah kanker
Zat yang terdapat pada daun sirsak dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan berbagai pernyakit. Zat ini berperan dalam menangkal serangan kanker dan virus. Penelitian mengungkap bahwa kandungan Annonaceous acetogenins pada sirsak dapat membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker, seperti kanker payudara, prostat, paru-paru, dan masih banyak lagi.

Menjaga kesehatan tulang
Selain mengandung fosfor dan kalsium, buah sirsak juga diperkaya dengan mineral lain yakni tembaga, yang membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga kebutuhan nutrisi tulang tetap tercukupi.

Mengatasi penyakit liver
Buah sirsak juga dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit liver. Caranya cukup dengan mengkonsumsi buah sirsak atau dengan menjadikannya jus sirsak sebagai pengganti makanan kurang lebih dalam waktu satu minggu.

Melancarkan buang air kecil
jus buah sirsak juga dapat dijadikan sebagai obat alami jika sedang mengalami rasa sakit ketika buang air kecil. Selain itu buah sirsak juga dapat megatasi haematuria yaitu bercampurnya sel darah putih dalam urin, serta penyakit hati ringan.

Mencegah anemia
Kandungan zat besi yang terdapat dalam buah sirsak dipercaya sangat efektif untuk meredakan gejala anemia yang bisa menyerang kita kapan saja.

Demikian beberapa Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan. Siapa yang menyangka buah sirsak ternyata memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Namun, perlu diketahui bahwa satu buah sirsak mengandung sekitar 15 miligram annonacin. Hindari mengkonsumsi sirsak secara berlebihan karena jumlah besar senyawa alkaloid yang dapat menyebabkan gejala neurologis mirip dengan penyakit Parkinson. Semoga bermanfaat dan manambah wawasan kita. 

0 Response to "Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan"

Post a Comment