Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan - Buah naga atau dalam istilah latinnya disebut Pitaya merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Buah naga sebenarnya berasal dari negara amerika tengah atau lebih tepatnya berasal dari negara mexico. Buah naga merupakan buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus.

Dragon fruit (buah naga) memiliki dua jenis warna, yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Tetapi berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan oleh pakar gizi dan kesehatan, buah naga jenis merahlah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seseorang. Manfaat dan kandungan buah naga sangat baik untuk berbagai macam hal dan pemenuhan vitamin dan mineral di dalam tubuh.


Buah naga sangat bermanfaat jika dikonsumsi sehari hari, buah ini memiliki kandungan air dan vitamin serta serat yang sangat tinggi, lebih lengkapnya di antaranya adalah protein, serat, karbohidrat, zat besi, vitamin B1, B2, betakaroten, fosfor, kalsium, provitamin A, niasin dan masih banyak lagi lainnya. Berikut manfaat buah naga bagi kesehatan.

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Mencegah kanker
mengkonsumsi buah naga adalah salah satu langkah untuk mencegah penyakit kanker yang merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Kandungan antioksidan yang baik pada buah naga dapat mencegah dari serangan radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Mencegah serangan jantung
mengkonsumsi buah naga mampu mengembalikan tingkat hipertensi seseorang menjadi normal. Hal ini menjadi salah satu solusi untuk seseorang yang berisiko terkena serangan jantung dan stroke.

Mengurangi resiko Diabetes Melitus
kandungan vitamin B3 dalam buah naga dipercaya dapat mengurangi kadar gula darah dan Apabila kadar gula darah dapat dikontrol maka resiko akan penyakit diabetes dapat diminimalisir. Sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi buah naga agar resiko terkena diabetes semakin kecil.

Menjaga kesehatan mata
buah naga mempunyai kandungan senyawa betakaroten yang melimpah yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan betakaroten yang terdapat pada buah naga tidak kalah banyaknya dengan kandungan betakaroten pada wortel, sehinga dengan mengkonsumsi buah naga kita dapat menjaga kesehatan mata.

Menjaga kesehatan tulang
buah naga memiliki kandungan kalsium dan fosfor cukup tinggi, kandungan tersebut memiliki peran dalam pembentukan tulang, gigi, dan perkembangan sel. Menjaga kekuatan tulang merupakan langkah untuk mengurnagi resiko osteoporosis dan permasalahan tulang yang lainnya.

Menjaga sistem kekebalam tubuh
kandungan vitamin C, protein, dan potassium yang terdapat dalam buah naga dipercaya mampu menangkal penyakit yang datang dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuhpun tidak mudah terserang penyakit.

Melancarkan pencernaan
Khasiat buah naga yang paling dahsyat adalah untuk membantu dalam mengatasi masalah pada sistem pencernaan. Vitamin B1 dan serat larut pada buah naga sangat efektif untuk melancarkan pencernaan.

Bermanfaat untuk ibu hamil
kandungan seperti asam folat, karoten, beberapa vitamin, serat dll yang terdapat pada buah naga sangat bermanfaat untuk ibu hamil, serta sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses perkembangan janin.

Selain pada daging buahnya, manfaat buah naga juga dapat diperoleh dari kulitnya. Ekstrak kulit dan daun buah naga dapat membantu menghambat pertumbuhan sel tumor dan melancarkan peredaran darah. Buah naga yang berkualitas memiliki warna pink cerah dan kulitnya mulus tanpa bekas atau noda. Salah satu cara untuk mengetahui buah naga yang sudah matang adalah dengan menyentuh bagian batangnya, jika terasa empuk, maka buah naga tersebut sudah siap untuk disantap. Semoga bermanfaat, baca juga manfaat buah jeruk untuk kesehatan.

0 Response to "Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan"

Post a Comment