Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan - Pisang merupakan buah-buahan yang banyak ditemukan di Indonesia. Hampir semua bagian dari pisang dapat kita dikonsumsi, selain buahnya jantung pisang juga biasa dijadikan masakan, serta daun pisang sering dijadikan pengemas makanan tradisional, bahkan di daerah papua batang pisang bisa diolah menjadi makanan. Buah pisang sangat cocok sebagai makanan pencuci mulut, yang sangat mudah di dapatkan dengan harga yang relatif terjangkau.

Buah pisang memiliki banyak manfaat untuk membantu tubuh menyimpan cadangan nitrogen, kalsium, dan fosfor, yang berguna untuk membangun perbaikan dan regenerasi jaringan. Pisang juga kaya akan vitamin dan mineral penting seperti vitamin B kompleks, vitamin C, juga kalium, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalsium.


Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Salah satu manfaat buah pisang yang paling utama adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti melancarkan buang air besar dan mengobati sakit maag. Pisang mampu menetralkan cairan asam lambung, untuk mengurangi iritasi akibat maag dengan melapisi permukaan lambung secara unik, oleh karena itu buah pisang dapat menjadi buah yang aman dikonsumsi untuk penderita maag. Berikut manfaat buah pisang lainnya.

Menjaga kesehatan mata
Pisang memiliki sejumlah kandungan vitamin A, yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk kesehatan mata. Senyawa ini dapat melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Asupan vitamin A yang cukup juga mengurangi risiko kebutaan dan sangat penting untuk kesehatan mata.

Mencegah penyakit jantung
Kandungan Vitamin C dan flavonoid dalam buah pisang yang bersifat antioksidan dapat mencegah proses oksidasi lemak yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Kalium yang terdapat dalam buah pisang merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya juga berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.

Mengatasi anemia (kurang darah)
Memakan dua buah pisang setiap harinya dapat mengatasi anemia (kurang darah). Kandungan magnesium, zat besi pada buah pisang bagus untuk menstabilkan darah. Sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi buah ini untuk mengatasi anemia.

Membantu sistem pencernaan
Serat yang terkandung dalam pisang sangat baik untuk sistem pencernaan dalam tubuh, karena buah memiliki berbagai macam vitamin dan nutrisi serta serat yang sangat di butuhkan oleh tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan. Mencampur pisang dengan segelas susu juga dapat bermanfaat membantu mengurangi resiko penyakit usus.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan Vitamin C, A, dan B6 yang terdapat pada buah pisang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Dengan mengkonsumsi dua buah pisang sehari, dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah energi ketika melakukan aktifitas sehari-hari.

Menyehatkan otak
Sebuah penelitian pernah di lakukan, bahwa konsentrasi belajar para siswa meningkat sejak menjadikan buah pisang pada menu sarapan. Kandungan kalium pada pisang, memberikan stimulun pada otak. Buah pisang juga menjadi pilihan yang baik untuk makanan bayi karena bertekstur lembut dan baik untuk perkembangan otak bayi.

Buah pisang baik untuk Ibu hamil
Bagi perempuan yang sedang hamil, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang ini, karena buah pisang memiliki kandungan asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Satu buah pisang yang matang mengandung sekitar 85-100 kalori. Sehingga dengan memakan dua buah pisang kebutuhan asam folat dapat terpenuhi. Selain itu buah pisang dapat membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga buah pisang sangat baik di konsumsi untuk ibu hamil.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat lain pada buah pisang, terkadang kita tidak menyadari bahwa buah pisang yang tak sulit untuk di dapatkan ini atau mungkin banyak di sekeliling kita ternyata banyak mengandung manfaat-manfaat yang baik di dalamnya, maka dari itu alangkah baiknya jika kita juga mengetahui kandungan manfaat pada makanan yang kita konsumsi. Demikianlah beberapa info mengenai manfaat buah pisang bagi kesehatan, baca juga manfaat petai bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan"

Post a Comment